Kamis, 10 Februari 2011

8 HAL UNTUK KAMU COBA

KALAU KAMU SEORANG YANG PEMALU

Hampir semua orang malu pada saat-saat tertentu. survei menujukkan, lebih dari 90% orang Amerika menngatakan bahwa mereka merasa malu pada suatu saat dalam kehidupan mereka. Hampir setengahnya mengakui bahwa mereka masih suka merasa malu. Kalau kamu mau, kamu bisa mengurangi rasa malumu itu. Inilah caranya:

1. Berbicara dengan orang dewasa yang kamu kenaldan kamu percayai. Jelaskan bahwa sering kali kamu merasa malu. Mintalah perolongan dan cara-cara untuk menanggulanginya, meintalah kepada mereka untuk berbagi cerita tentang saat-saat mereka merasa malu.

2. Mulailah setiap harinya dengan satu tujuan tertentu. Sebagai contoh: “hari ini aku akan berkata hai kepada paling sedikit satu orang di koridor sekolah.” “Kalau hari ini Edi menggodaku,aku akan memintanya untuk berhenti melakukannya.”

3. Buatlah sebuah catatan di dalam hatimu tentang tiga topik yang paling enak untuk diobrolkan. Pilihlah salah satu dan cobalah untuk memulai percakapan dengan sseorang yang ingin kamu kenal lebih baik lagi.

4. Doronglah dirimu melakukan sesuatu yang tidak biasanya kamu lakukan. Ikuti sebuah klub. Undanglah seseorang ke rumahmu, tawarkan untuk mmbacakan cerita dengan suaara kera untuk anak-anak kecil di sekolahmu.

5. Daripada menolak dan mengatakan “Tidak” pada setiap undangan, katakan “Ya”. Semakin sering kamu menghabiskan waktu dengan orang lain, maka akan semakin mudah rsanya.

6. Carilah teman-teman baru. Semakin banyak temanmu, semakin berkurang rasa malumu.

7. Tingkatkan rasa percaya diri yang positif. Habiskan waktu dengan orang-orang yang peduli dennganmu. Lakkukan hal-hal yang membuatmu bangga atas dirimu. Gunakan cara berbicara yang positif. Tolonglah orang lain.

8. Dan yang paling penting, selalu hargai dirimu sendiri bahkan pada saat kamu sedang merasa malu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar