Kamis, 10 Februari 2011

12 KIAT MENDAPATKAN SAHABAT DAN MEMELIHARA PERSAHABATAN

1. Berusahalah.

Jangan selalu menunggu orang lain membuat langkah pertama dalam persahabatan.

2. Ikut terlibat.

Ikutlah sebuah organisasi yang menarik bagimu, bisa di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Organisasi yang bisa membantumu mengembangkan bakatmu.

3. Biarkan orang lain tahu bahwa kamu berminat untuk bersahabat dengan mereka.

Jangan hanya membicarakan tentang dirimu sendiri. Lontarkan pertanyaan pada mereka dan hal apa saja yang menarik bagi mereka. Ini adalalah keahlian bersosialisasi yang sangat mendasar. Sikap ini menunjukkan bahwa kita adalah pribadi yang bersahabat.

4. Jadilah pendengar yang baik.

tataplah orang yang sedang berbicara padamu. Perhatikan apa yang mereka katakan.

5. Ambilah resiko untuk menceritaknan hal-hal tentang dirimu kepada mereka.

jika waktunya tepat, biarkan mereka mengenal hal-hal yang menarik bagimu, dan apa yang penting bagimu, TETAPI….

6. Jangan menyombongkan diri

tidak semua orang yang kamu temui mempunyai kemampuan dan ketertarikan yang sama denganmu.

7. Jujurlah

ceritakan hal-hal tentang dirimu yang sejujurnya. Apa saja yang kamu yakini dan prinsip apa yang kamu bela. Saat seseorang yang pendapatmu, usahakan untuk mengatakan hal yang jujur dan tulus, seorang teman akan menghargai kejujuran teman yang lain. TETAPI…

8. Bersikaplah lembut

terkadang sikap taktis lebih penting ketimbang sikap jujur. Kejujuran tidaklah harus menyakitiotrng lain.

9. Jangan berpaling kepada temanmu hanya ketika kamu sedang berada dalam kesulitan

libatkan mereka ketika kamu sedang merasa gembira dan sedang bersenang-senang.

10. Lakukan hal yang menjadi bagianmu ; setiap hubungan pasti membutuhkan usaha. Jangan bergantung pada sahabatmu tentang semua hal yang barkaitan dengan persahabatan kalian.

11. Menerima apa adanya

tidak semua temanmu akan berpikir dan bertindak seperti dirimu ( pasti membosankan ssekali seandainya semua orang itu sama).

12. Belajarlah untuk mengenali teman-temanmu apa adanya

beberapa orang seringkali merasa kesepian sehingga mereka akan berteman denagn siapapun juga, termasuk orang yang sebenarnya tidak sesuai dengan mereka. Sahabatmu adalah orang yang bisa membuatmu menjadi dirimu sendiri.

9 warna dan perasaan yang ditimbulkannya

Warna bisa mempengaruhi suasana hati. Ada warna yang bisa menenangkan, memberi energi atau warna yang lain mungkin mengganggu ketenangan. Kalau pelajar Stetsa mau merubah warna dinding kamar, ini ada beberapa teori singkat tentang warna.

· Biru ; biru memberikan perasaan tenang dan mendinginkan. Orang bisa menjadi produktif jika berada dalam ruangan berwarna biru. Biru juga menekan nafsu makan, mungkin karena diasosiasikan dengan makanan berjamur.

· Merah ; warna merah membangkitkan semangat dan hangat. Warna ini merangsang nafsu makan. Namun warna ini bermakna sempit dan mengikat.

· Merah muda ; menyejukkan dan menenangkan. Warna merah muda bisa mengurangi tingkat agresivitas.

· Hijau ; warna hijau meningkatkan stress, membuat orang merasa lelah, dan mendorong sifat pasif. Tapi banyak orang yang beranggapan bahwa warna hijau itu menenangkan dan menyegarkan, makanya warna ini sering dijumpai di rumah sakit.

· Cokelat dan beige ; warna ini membawa pengaruh yang menenangkan dan perasaan aman.

· Kuning ; beberapa orang mengatakan bahwa warna kuning bisa mengurangi kebosanan dan meningkatkan siifat lekas marah. Warna kuning terang bisa menimbulakan rasa cemas. Namun beberapa orang yang lain berfikir bahwa warna kuning itu ceria dan memberi energi.

· Putih ; berhubungan dengan sifat lugu, murni, dan spiritualitas. Lingkungan yang berwarna putih bisa menenangkan dan menguatkan. Tapi, jika terlalu tajam, warna putih bisa berkesan dingin dan membuat orang lekas marah.

· Ungu; memberi rasa aman dan menciptakan suasana hati yang misterius. Ungu dilambangkan sebagai warna janda.

· Hitam ; warna yang penuh gaya, tak lekang dimakan waktu. Tapi warna ini bisa menjadi sangat gelap dan menyesakkan nafas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar